Selasa, 21 Oktober 2008

Soal Diskusi Minggu ke-1:

Berikut saya membuka diskusi untuk memecahkan soal minggu ini:
Ada 1 koin uang yang palsu dari satu tumpukan koin uang (semua ada 9 koin). Koin palsu terlihat dari beratnya lebih ringan dari koin asli.
Permasalahannya adalah berapa kali menimbang untuk mengetahui koin palsu?
Timbangan yang paling sedikit itulah yang dapat memecahkan masalah minggu ini.
Selamat memecahkan.


Salam.

==========================
Sidang pembaca,
Walaupun belum ada tanggapan dari pembaca, saya akan mencoba menjelaskan maksud diskusi minggu lalu,
Petunjuknya adalah ada 9 koin, satu koin palsu dengan ciri lebih ringan dari yang lain.
Penimbangan paling sedikit adalah sekali timbang, yaitu dengan mengambil dua dari sembilan koin yang ada dan jika keberuntungan ditangan, maka kita tahu koin yang lebih ringan itu yang palsu. Tetapi hal seperti ini jarang terjadi dan tidak dapat dipastikan dengan cara yang sama akan berhasil menemukan koin palsu.
Bila sembilan koin itu dibagi menjadi tiga tumpuk koin masing-masing terdiri dari tiga koin, maka pertama kali kita menimbang akan mendapatkan beberapa kemungkinan, yang ditimbang salah satu lebih ringan atau seimbang. Jika terjadi lebih ringan, maka tumpukan itu mengandung satu koin palsu, tapi kalau seimbang, dapat dipastikan bahwa tumpukan koin yang tidak ditimbang itu terdapat satu koin palsu.
Timbangan kedua adalah menimbang dua koin yang termasuk dalam kelompok koin palsu. Dengan pemikiran yang hampir sama dengan penimbangan pertama, maka jika dua koin seimbang, berarti koin sisalah yang palsu, tapi jika salahsatu ada yang ringan itulah koin yang palsu.

Tidak ada komentar: